Internet of Things

Integrated Management Consulting

Internet of Things (IoT) adalah sebuah sistem peralatan yang terdiri atas konektivitas antar komputer, mesin analog atau mesin digital, obyek, hewan, atau manusia yang memiliki kode pengenal unik dan memiliki kemampuan untuk mentransfer data melalui sebuah jaringan tanpa membutuhkan interaksi antar manusia atau interaksi antara manusia ke komputer.

Tiga komponen utama di dalam Internet of Things (IoT) adalah sensor, konektivitas, dan server. Beberapa produk Internet of Things (IoT) yang kami sediakan adalah :

  1. Automatic Attendance System (AAS). Sistem cerdas AAS yang kami sediakan adalah sistem absensi yang menggunakan sidik jari atau sensor pembaca wajah yang terhubung dengan handphone android sehingga divisi HRD perusahaan dapat mengetahui secara semi real time atau secara full real time mengenai kinerja kehadiran karyawan perusahaan, besaran uang harian karyawan, dan lain-lain. Laporan dapat disesuaikan dengan keinginan pengguna.
  2. Automatic Weather System (AWS). Sistem cerdas pembaca cuaca ini dapat mengetahui berbagai hal tentang :
      a. Curah hujan.
      b. Kecepatan angin.
      c. Arah angin.
      d. Temperatur udara.
      e. Kelembaban.
      f. Kadar asam (PH).
      g. Radiasi matahari.
      Sistem ini dapat menganalisis kesiapan lahan terhadap suatu jenis tanaman dan kinerja pengolahan tanaman. Sistem AWS dapat dipasang di lahan-lahan yang dibutuhkan oleh perusahaan perkebunan.
  3. Early Warning System (EWS). Sistem cerdas EWS ini dapat mendeteksi secara dini mengenai :
      a. Ketinggian air.
      b. Curah hujan.
      Dengan mengolah data-data yang dikumpulkan, maka sistem cerdas ini dapat secara otomatis memberikan peringatan kepada pihak-pihak terkait. Sistem peringatan bisa melalui sirine atau melalui handphone android.
  4. Air Quality Monitoring (AQM). Sistem cerdas AQM ini dapat mengetahui berbagai hal tentang :
      a. Temperatur udara.
      b. Kelembaban.
      c. Kadar gas lainnya (CO2, CO, dll).
      Dengan mengolah data-data yang dikumpulkan, maka sistem cerdas ini dapat secara otomatis memberikan informasi mengenai tingkat kesehatan udara dan dapat mendeteksi fenomena kebakaran hutan. Sistem AQM dapat dipasang di tempat-tempat yang dibutuhkan oleh pemerintah daerah.
  5. Water Level Radar (WLR). Sistem cerdas WLR ini dapat digunakan untuk mengukur ketinggian air sungai sehingga kendaraan air (perahu atau kapal) dapat berjalan melalui air sungai tersebut secara aman.
  6. Building Automation System (BAS). Sistem cerdas BAS ini merupakan penyempurnaan dari Smart Home System. Sistem ini dapat mengawasi dan mengontrol semua penggunaan perangkat elektronik secara otomatis sehingga dapat menghemat penggunaan listrik dan memperpanjang usia penggunaan perangkat elektronik. Sistem BAS tidak hanya terhubung dengan penanda waktu, tetapi juga terhubung dengan sensor pembaca cahaya dan sensor pembaca panas tubuh.Sistem cerdas BAS dapat digunakan oleh perusahaan perhotelan, mall, rumah sakit, pengembang properti, bank, dan perusahaan besar lainnya.
  7. Transformer Monitoring (TM). Sistem cerdas TM ini dapat mendeteksi adanya :
      • a. Kebocoran daya listrik.
        b. Temperatur peralatan atau kemungkinan terjadinya korslet / kebakaran
    •       c. Listrik mati (blackout).
    • Melalui sistem cerdas TM ini, maka kinerja PLN Daerah dapat meningkat.
  8. Telcobase Transceiver (TT BTS). Sistem cerdas TT BTS ini dapat mendeteksi :
      • a. Status BTS aktif atau tidak aktif.
        b. Status power (genset).
  9. Weighbridge Automation System (WAS). Weighbridge Automation System (WAS) adalah sebuah sistem cerdas pengukur jembatan timbang yang dapat :
      • a. Mendeteksi jumlah kendaraan yang akan masuk (melalui GPS), sehingga dapat memprediksi beban kerja operator.
        b. Mengetahui status pemilik kendaraan (melalui RFID).
        c. Menyimpan data timbangan dan data kendaraan secara elektronik.
  10. Smart Metering Solution (SMS). Sistem cerdas SMS dapat mendeteksi penggunaan listrik / air / gas sehingga memberikan berbagai informasi secara lengkap mengenai penggunaan listrik / air / gas kepada pengguna melalui handphone android.